Langkah awal yang perlu dipersiapkan oleh anda dalam rangka menjalankan rencana pemasaran pada usaha/bisnis anda sendiri adalah :
- Melakukan ANALISA USAHA
- Membuat MISI PERNYATAAN
- MENILAI SEGMENTASI PASAR
- MENGETAHUI PERSAINGAN
- SURVEY PASAR
- PENENTUAN TARGET/CITA-CITA
- Melakukan ANALISA USAHA
Dilakukan sebelum usaha didirikan, setelah usaha berdiri, maupun usaha telah berjalan. Pemasaran harus ditujukan ke arah keuntungan yang didapat dari hasil penjualan nyata suatu produk/jasa. Jika sebuah usaha ngin berhasil, maka usaha tersebut harus dapat "MEMENUHI KEBUTUHAN dan MENJAWAB KEINGINAN PELANGGANNYA". Para pelangganlah yang menentukan apa yang mereka butuhkan, berapa yang mereka akan bayar, dan dimana serta bagaimana mereka ingin membeli produk/jasa tersebut. Disinilah letak konsep analisa usaha itu perlu dilakukan.
APA SAJA YANG TERMASUK DI DALAM ANALISA USAHA INI ?
Analisa Usaha ini berisikan hal-hal yang terkait dengan hasil/rencana sistem pengelolaan/manajemen yang ada saat ini, antara lain :
APA SAJA YANG TERMASUK DI DALAM ANALISA USAHA INI ?
Analisa Usaha ini berisikan hal-hal yang terkait dengan hasil/rencana sistem pengelolaan/manajemen yang ada saat ini, antara lain :
- PERKEMBANGAN USAHA SECARA UMUM (Omset, cash flow, laba, dan biaya produksi)
- PEMASARAN YANG DILAKUKAN (Produk, harga, sistem penjualan, metode pemasaran, media promosi, organisasi penjualan, image, biaya promosi)
- PRODUKSI (Program produksi, penerapan teknologi kapasitas produksi, produktifitas, biaya produksi)
- KEUANGAN (Modal/struktur modal, keuangan yang potensial, modal kerja, likuiditas, perubahan modal, intensitas investasi)
- PEKERJA/KARYAWAN/SDM (Kualitas, kemampuan pekerja, kebijaksanaan gaji & pengelolaan karyawan, suasana tempat kerja, dan kerjasama tim)
- KEPEMIMPINAN & ORGANISASI (Konsep perencanaan, gaya pengambilan keputusan, sistem pelaksanaan kontrol, kualitas & kemampuan kinerja pimpinan, kecocokan organisasi, dan masukan dari dalam)
Apabila masih terasa sulit untuk melakukan analisa seperti di atas, anda dapat melakukan SWOT ANALISIS. SWOT ANALISIS ke dalam (internal) dan keluar (eksternal) perlu anda lakukan untuk memudahkan anda membuat analisa usaha anda. SWOT ANALISIS berisikan hasil analisa yang menyangkut kekuatan yang anda miliki (S), Kelemahan/kendala (W) yang anda alami dan hadapi, Peluang/kesempatan (O) yang ada saat ini, dan Ancaman (T) yang dapat terjadi.
(Bersambung)
(Bersambung)