Konsultasi Bisnis/Usaha Gratis Dengan Para Konsultan


Selamat Datang di Webblog Konsultan Ide & Pengembangan Usaha. Melalui webblog ini anda:

- dapat melakukan KONSULTASI BISNIS GRATIS secara online dengan para konsultan kami
- mendapatkan referensi/tips/trik wirausaha
- menghubungi kami untuk bekerjasama dengan anda
- serta anda dapat melakukan promosi usaha anda sebagai bentuk peluang usaha


KUNCI SUKSES USAHA

by Jamodis | 10.24 in |

Banyak orang sering ditempatkan dalam posisi keragu-raguan dalam melakukan sebuah usaha wiraswasta. Keraguan tersebut muncul tidak hanya pada saat merencanakan pendirian usaha, namun juga pada saat usaha tersebut mulai berjalan, bahkan pada tahapan usaha tersebut sudah berjalan dan bersaing di pasar yang sempit. Keragu-raguan yang muncul sering menjadi polemik dalam rangka mengeksekusi langkah yang tepat untuk sebuah usaha. Bahkan tidak jarang karena terlalu lama mengeksekusi sebuah keputusan, akhirnya berakibat fatal terhadap jalannya usaha tersebut. Bob Sadino pernah mengatakan untuk menjadi seorang pengusaha sukses maka anda WAJIB MERASAKAN KEGAGALAN, karena dari kegagalan maka anda dapat belajar menjadi orang sukses. Pesan kami : Meminimalisir resiko kegagalan adalah hal mutlak dalam menjalani usaha, kegagalan usaha merupakan peningkatan pengetahuan anda untuk membuat dan mengelola sebuah usaha menjadi lebih baik lagi. Berikut ada beberapa tips buat anda sebagai calon pelaku usaha maupun para pelaku usaha tentang kunci-kunci sukses usaha yang anda jalani yang kami sadur dan kembangkan dari William A. Ward :

1. BERGAUL & IKUTI TREND
Dalam bisnis/wirausaha siapa yang dapat mengikuti perkembangan pasar, maka dialah yang dapat bertahan, menjadi follower merupakan salah satu strategi pemasaran, jika anda memutuskan menjadi follower maka jadilah follower yang unik dan mempunyai kelebihan. Bergabunglah dalam organisasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Banyak membaca dan gali informasi sebanyak mungkin. Internet akan banyak membantu Anda.

2. BUAT RENCANA KEUANGAN
Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Jangan pernah menyerahkan kondisi keuangan pada nasib. Perhitungkan dengan matang. Jangan campur adukan antara keuangan pribadi dengan usaha anda. Keuangan selalu direncanakan berdasarkan asas kebutuhan menurut skala prioritas yang mendesak.

3. PERKIRAKAN ALIRAN UANG TUNAI
Anda harus bisa memperkirakan aliran uang tunai, paling tidak tiga bulan ke depan, antara rencana pemasukan serta pengeluaran yang akan terjadi. Jangan membuat anggarkan pengeluaran melebihi dari kemampuan serta kebutuhan yang belum menjadi prioritas jangka pendek tersebut.

4. CARI TENAGA AHLI YANG KOMPETEN UNTUK MEMBANTU ANDA
Mungkin anda bingung atau ragu untuk menlakukan eksekusi terhadap usaha anda. Anda dapat mencari penasehat atau tenaga ahli yang kompeten untuk memberikan saran, ide, atau kritik terhadap Anda, usaha anda dan produk yang ditawarkan. Mereka bisa berupa teman-teman atau anggota keluarga yang dipercaya. Atau jikalau diperlukan kami (ARN Yogyakarta) siap membantu memberikan solusi untuk usaha anda.

5. KESEIMBANGAN DALAM AKTIFITAS
Jaga keseimbangan antara kerja, santai, dan keluarga. Tak perlu terlalu memaksakan, karena sesuatu yang dikerjakan dengan ngoyo, hasilnya tak akan maksimal. Lagi pula, badan dan otak butuh istirahat.

6. NETWORKING ADALAH KEHARUSAN
Mengembangkan jaringan (network) adalah wajib untuk sebuah bisnis/usaha. Tak ada salahnya berkenalan dan bergaul dengan orang-orang yang berhubungan atau bisa mendukung bisnis Anda. Siapa tahu ada ide yang bisa digali serta peluang baru bisa tercipta.

7. DISIPLIN & MOTIVASI
Aspek terberat dalam menjalankan usaha sendiri adalah disiplin dan motivasi untuk bekerja secara teratur. Untuk mengatasinya, buatlah daftar apa saja yang harus dikerjakan hari ini dan esok. Tentukan target yang harus dicapai dalam minggu ini.

8. SELALU WASPADA DAN SIAP
Rajin-rajin melakukan evaluasi terhadap pasar, produk dan sistem pemasaran. Kalau perlu, ubah cara kerja agar lebih efisien. Perbaiki cara pemasaran atau kualitas produk. Tempatkan diri anda untuk berpikir sebagai konsumen.

9. CINTAI USAHA DAN PEKERJAAN ANDA, MENIKAHLAH !!
Bagaimana akan sukses, jika Anda tak punya “sense of belongin” pada pekerjaan, usaha anda dan produk yang dihasilkan. Cintai pekerjaan, bisnis anda dan produksi yan dihasilkan, dan uang akan mengikuti Anda. Layaknya pernikahan, maka sebuah usaha akan selalu diisi dengan semangat untuk hidup yang lebih baik lagi, perubahan-perubahan serta langkah-langkah strategis wajib dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan usaha anda.

10. NEVER GIVE UP
Para pengusaha sukses, pernah mengalami kegagalan. Jika ingin cepat berhasil, segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan. Jangan bersedih terlalu lama, apalagi menyerah.

Aktifitas Saat Ini