2. MEMBUAT MISI PERNYATAAN
Konsep harus jelas menyatakan tujuan utama dari suatu usaha. Hal ini berguna untuk mendorong semangat kerja para pegawai, memberikan kenyamanan pada para pelanggan dan merupakan langkah awal dari pengembangan strategi pemasaran.
Mengapa sebuah usaha berdiri ? Pertanyaan ini harus dijawab dari sudut pandang para pelanggan. Mengapa seorang pelanggan datang pada tempat usaha tertentu ? Jawabannya terletak pada konsep tersebut.
3. MENILAI SUATU PASAR
Setiap usaha memerlukan informasi agar sebuah keputusan dapat dibuat. Riset pasar membantu menyiapkan informasi ini dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa data yang berhubungan dengan pemasaran barang atau jasa. Riset pasar harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
Siapa saja pelanggan yang berpotensi ? Dimanakah mereka berada ? Ada berapakah jumlah mereka ? Apakah yang penting bagi mereka ? Mengapa mereka membeli produk atau jasa tersebut ? Kapan mereka membeli barang atau jasa tersebut ? Siapakah saingan mereka ?
4. MENGETAHUI PERSAINGAN
Hampir tidak ada usaha yang tak mempunyai saingan. Mengetahui siapakah saingan langsung dan tidak langsung, seperti kekuatan dan kelemahan mereka, adalah hal yang utama dalam sebuah rencana pemasaran.
Siapakah pesaing kita ? Apakah mereka dapat memberikan keuntungan ? Apakah harga mereka terlihat mahal, murah atau wajar ? Berapakah harga rata-rata penjualan dan keuntungannya ? Berapakah biaya yang diperlukan dalam pemasangan iklan ? Apakah mereka menawarkan potongan harga? Bagaimana dan kapan? Dimanakah mereka berada ? Apa strategi penjualannya ?
Apabila anda menjadi seorang "follower" yaitu mendirikan usaha yang sejenis dan bergerak di bidang yang sama, jadilah follower yang berbeda, unik, dan MEMILIKI KELEBIHAN DARI KELEMAHAN PESAING ANDA. Namun apabila anda merupakan pionir dalam sebuah jenis usaha yang baru, jadilah pionir yang KREATIF dan INOVATIF. Karena bila anda menjadi seorang pionir dari usaha yang boleh dibilang baru dan kurang KREATIFITAS DAN INOVATIF, cepat atau lambat akan datang pesaing anda untuk merebut pangsa pasar anda.
(BERSAMBUNG)
Konsep harus jelas menyatakan tujuan utama dari suatu usaha. Hal ini berguna untuk mendorong semangat kerja para pegawai, memberikan kenyamanan pada para pelanggan dan merupakan langkah awal dari pengembangan strategi pemasaran.
Mengapa sebuah usaha berdiri ? Pertanyaan ini harus dijawab dari sudut pandang para pelanggan. Mengapa seorang pelanggan datang pada tempat usaha tertentu ? Jawabannya terletak pada konsep tersebut.
3. MENILAI SUATU PASAR
Setiap usaha memerlukan informasi agar sebuah keputusan dapat dibuat. Riset pasar membantu menyiapkan informasi ini dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa data yang berhubungan dengan pemasaran barang atau jasa. Riset pasar harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
Siapa saja pelanggan yang berpotensi ? Dimanakah mereka berada ? Ada berapakah jumlah mereka ? Apakah yang penting bagi mereka ? Mengapa mereka membeli produk atau jasa tersebut ? Kapan mereka membeli barang atau jasa tersebut ? Siapakah saingan mereka ?
4. MENGETAHUI PERSAINGAN
Hampir tidak ada usaha yang tak mempunyai saingan. Mengetahui siapakah saingan langsung dan tidak langsung, seperti kekuatan dan kelemahan mereka, adalah hal yang utama dalam sebuah rencana pemasaran.
Siapakah pesaing kita ? Apakah mereka dapat memberikan keuntungan ? Apakah harga mereka terlihat mahal, murah atau wajar ? Berapakah harga rata-rata penjualan dan keuntungannya ? Berapakah biaya yang diperlukan dalam pemasangan iklan ? Apakah mereka menawarkan potongan harga? Bagaimana dan kapan? Dimanakah mereka berada ? Apa strategi penjualannya ?
Apabila anda menjadi seorang "follower" yaitu mendirikan usaha yang sejenis dan bergerak di bidang yang sama, jadilah follower yang berbeda, unik, dan MEMILIKI KELEBIHAN DARI KELEMAHAN PESAING ANDA. Namun apabila anda merupakan pionir dalam sebuah jenis usaha yang baru, jadilah pionir yang KREATIF dan INOVATIF. Karena bila anda menjadi seorang pionir dari usaha yang boleh dibilang baru dan kurang KREATIFITAS DAN INOVATIF, cepat atau lambat akan datang pesaing anda untuk merebut pangsa pasar anda.
(BERSAMBUNG)