Mungkin anda pernah atau sudah memiliki bisnis ‘offline’ sendiri. Bisnis offline ?? Ya bisnis offline anda adalah usaha yang anda dirikan dan memiliki wujud riil "nyata" terlihat dengan jelas barangnya, lokasinya, karyawannya, dll. Dan mungkin anda juga telah melakukan promosi secara offline terhadap bisnis anda tersebut. Promosi offline ?? Ya promosi yang anda lakukan langsung seperti menggunakan spanduk, flier, x' banner, dan beribu macam metode pemasaran offline yang ada.
Lalu, apakah anda juga harus melakukan promosi online ?? Padahal bisnis yag anda kelola adalah bisnis offline ???
Yang perlu anda ingat, semakin luas jangkauan dan tindakan promosi yang anda lakukan maka semakin luas pula kesempatana dan peluang calon pelanggan anda menemukan produk barang/jasa anda. Oleh karenanya mempromosikan bisnis Anda melalui internet tetap PENTING, kenapa ? Karena hal ini yang akan membuat Anda selangkah lebih maju daripada kompetitor. Bahkan juga bisa melipatgandakan keuntungan Anda. Mengapa begitu?
Karena ada beberapa benefit yang anda bisa manfaatkan dengan melakukan promosi secara online di internet, antara lain :
1. 24 Jam Layanan Display
Pastinya tidak seperti praktek bisnis offline yang ada, dimana layanannya terbatas pada hari kerja (working day) dan jam kerja (office/store hour), web site/blog anda selalu menawarkan produk barang/jasa anda selama 24 jam tanpa batasan ruang dan waktu serta bisa diakses oleh pelanggan dari mana saja dan kapan saja.
2. Membidik pangsa pasar anda tepat sasaran
Melalui promosi online, Anda bisa secara efektif memasarkan bisnis berdasarkan pangsa pasar yang ditargetkan. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa, dan lain-lain.
3. Meningkatkan Citra Bisnis Anda (Brand Image & Brand Awareness)
Dengan memiliki sebuah web site/blog, citra (image) bisnis Anda bisa terangkat. Walau bisnis Anda tidak besar, tetapi melalui kehadiran secara online, citra bisnis Anda akan terangkat dibandingkan kompetitor lain dan bisa bersaing dengan perusahaan besar.
4. Biaya Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Efisien
Karena pemasaran melalui internet sangat tertarget dan biaya relatif lebih rendah dibanding pemasaran offline, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasarannya juga lebih efektif dan efisien.
5. 'Memposisikan' Bisnis dengan pesaing anda dan Di Masa Depan
Setap hari, semakin banyak bisnis yang hadir secara online. Dan bisa jadi alah satunya adalah juga pesaing-pesaing anda. Karena itu, kehadiran situs bisnis Anda di internet, setidaknya telah menolong memposisikan bisnis Anda di masa depan.
6. Mempermudah Anda Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Karena internet adalah media yang interaktif, Anda dengan mudah menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Baik itu melalui newsletter, ‘kotak saran’, survey/polling, forum, dll. Kelebihan macam-macam ‘perangkat’ ini, Anda bisa melayani banyak pelanggan dalam satu waktu. Lebih hemat waktu, tenaga dan biaya, bukan ?!
7. Sistem Otomatisasi Yang Responsif
Melalui sistem otomatisasi, web site/blog Anda bisa memberikan respon dengan cepat jika datang ‘pesanan’ atau permintaan informasi bisnis Anda yang lebih lengkap dari pelanggan. Di jaman yang serba instan ini, kecepatan dan kemudahan layanan merupakan sebuah hal mutlak yang wajib diberikan kepada pelanggan anda.
Walaupun demikian tetaplah harus anda pahami, bahwa apapun kegiatan promosi dan pemasran yang anda lakukan, tidaklah akan berhasil dengan maksimal bila anda sendiri tidak fokus, dan melakukannya secara setengah-setengah. Terkadang seorang pelaku usaha dengan bangga menyatakan dirinya telah memiliki website/blog dan saya tidak perlu lagi melakukan promosi secara online, karena pelanggan dapat menemukan bisnis saya di internet. Pertanyaannya : apakah semudah itu pelanggan menemukan bisnis dia di Internet ?? Internet layaknya sebuah pasar/terminal tempat berjuta-juta pencari produk, pemilik bisnis, pelaku iklan, dsb "tumplek" dalam satu wadah yang kalau bisa dibayangkan mungkin layaknya sebuah trade centre seperti Kawasan BLOK M di Jakarta, atau Kawasan Malioboro di Jogja, atau Kawasan lainnya hanya merupakan bagian kecil yang bisa anda temui dalam kehidupan nyata. Sementara Internet lebih dari itu, sehingga tetaplah anda harus pintar memberikan petunjuk (direction) kepada calon pelanggan anda untuk dapat menemukan bisnis anda dengan cepat, tepat, akurat.
Bagaimana anda dapat melakukan promosi online yang baik dan benar ? Anda dapat menemukannya dalam katagori BELAJAR BISNIS dalam blog ini. (AW)
Lalu, apakah anda juga harus melakukan promosi online ?? Padahal bisnis yag anda kelola adalah bisnis offline ???
Yang perlu anda ingat, semakin luas jangkauan dan tindakan promosi yang anda lakukan maka semakin luas pula kesempatana dan peluang calon pelanggan anda menemukan produk barang/jasa anda. Oleh karenanya mempromosikan bisnis Anda melalui internet tetap PENTING, kenapa ? Karena hal ini yang akan membuat Anda selangkah lebih maju daripada kompetitor. Bahkan juga bisa melipatgandakan keuntungan Anda. Mengapa begitu?
Karena ada beberapa benefit yang anda bisa manfaatkan dengan melakukan promosi secara online di internet, antara lain :
1. 24 Jam Layanan Display
Pastinya tidak seperti praktek bisnis offline yang ada, dimana layanannya terbatas pada hari kerja (working day) dan jam kerja (office/store hour), web site/blog anda selalu menawarkan produk barang/jasa anda selama 24 jam tanpa batasan ruang dan waktu serta bisa diakses oleh pelanggan dari mana saja dan kapan saja.
2. Membidik pangsa pasar anda tepat sasaran
Melalui promosi online, Anda bisa secara efektif memasarkan bisnis berdasarkan pangsa pasar yang ditargetkan. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa, dan lain-lain.
3. Meningkatkan Citra Bisnis Anda (Brand Image & Brand Awareness)
Dengan memiliki sebuah web site/blog, citra (image) bisnis Anda bisa terangkat. Walau bisnis Anda tidak besar, tetapi melalui kehadiran secara online, citra bisnis Anda akan terangkat dibandingkan kompetitor lain dan bisa bersaing dengan perusahaan besar.
4. Biaya Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Efisien
Karena pemasaran melalui internet sangat tertarget dan biaya relatif lebih rendah dibanding pemasaran offline, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasarannya juga lebih efektif dan efisien.
5. 'Memposisikan' Bisnis dengan pesaing anda dan Di Masa Depan
Setap hari, semakin banyak bisnis yang hadir secara online. Dan bisa jadi alah satunya adalah juga pesaing-pesaing anda. Karena itu, kehadiran situs bisnis Anda di internet, setidaknya telah menolong memposisikan bisnis Anda di masa depan.
6. Mempermudah Anda Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Karena internet adalah media yang interaktif, Anda dengan mudah menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Baik itu melalui newsletter, ‘kotak saran’, survey/polling, forum, dll. Kelebihan macam-macam ‘perangkat’ ini, Anda bisa melayani banyak pelanggan dalam satu waktu. Lebih hemat waktu, tenaga dan biaya, bukan ?!
7. Sistem Otomatisasi Yang Responsif
Melalui sistem otomatisasi, web site/blog Anda bisa memberikan respon dengan cepat jika datang ‘pesanan’ atau permintaan informasi bisnis Anda yang lebih lengkap dari pelanggan. Di jaman yang serba instan ini, kecepatan dan kemudahan layanan merupakan sebuah hal mutlak yang wajib diberikan kepada pelanggan anda.
Walaupun demikian tetaplah harus anda pahami, bahwa apapun kegiatan promosi dan pemasran yang anda lakukan, tidaklah akan berhasil dengan maksimal bila anda sendiri tidak fokus, dan melakukannya secara setengah-setengah. Terkadang seorang pelaku usaha dengan bangga menyatakan dirinya telah memiliki website/blog dan saya tidak perlu lagi melakukan promosi secara online, karena pelanggan dapat menemukan bisnis saya di internet. Pertanyaannya : apakah semudah itu pelanggan menemukan bisnis dia di Internet ?? Internet layaknya sebuah pasar/terminal tempat berjuta-juta pencari produk, pemilik bisnis, pelaku iklan, dsb "tumplek" dalam satu wadah yang kalau bisa dibayangkan mungkin layaknya sebuah trade centre seperti Kawasan BLOK M di Jakarta, atau Kawasan Malioboro di Jogja, atau Kawasan lainnya hanya merupakan bagian kecil yang bisa anda temui dalam kehidupan nyata. Sementara Internet lebih dari itu, sehingga tetaplah anda harus pintar memberikan petunjuk (direction) kepada calon pelanggan anda untuk dapat menemukan bisnis anda dengan cepat, tepat, akurat.
Bagaimana anda dapat melakukan promosi online yang baik dan benar ? Anda dapat menemukannya dalam katagori BELAJAR BISNIS dalam blog ini. (AW)