Konsultasi Bisnis/Usaha Gratis Dengan Para Konsultan


Selamat Datang di Webblog Konsultan Ide & Pengembangan Usaha. Melalui webblog ini anda:

- dapat melakukan KONSULTASI BISNIS GRATIS secara online dengan para konsultan kami
- mendapatkan referensi/tips/trik wirausaha
- menghubungi kami untuk bekerjasama dengan anda
- serta anda dapat melakukan promosi usaha anda sebagai bentuk peluang usaha


Q :
Kepada tim manajemen ARN, melalui E-mail ini saya ingin menyampaikan rencana membuka usaha minimarket. Saya berharap tim ARN bisa membantu saya mengemas/menganalisa beberapa hal yang berkaitan dengan membuka usaha minimarket pribadi, diantaranya :
  1. Bagaimana konsep minimarket yang nyaman, unik, dan bisa menjadi sahabat belanja bagi konsumen-konsumennya?
  2. Ide/Program promosi spesial (unik) untuk usaha minimarket yang ekonomis namun bisa menjadi investasi yang berbobot dan berkelanjutan?
  3. Distributor/pemasok barang-barang untuk usaha minimarket dengan harga cukup kompetitif?
  4. Program IT (Stock, Kasir, Financial, Marketing/Promosi) ?
  5. SDM/tenaga operasional yang qualified/good performance?
Saya percaya bahwa Tim ARN bisa mengemas Rencana usaha Minimarket ini menjadi sesuatu yang Beda, yang Unik, yang bisa menjadi sahabat belanja masyarakat.

Terima kasih dan ditunggu segera informasinya...
Salam


Tn. Eko
Solo
Catatan :
Saya saat ini masih bekerja sebagai Kepala Minimarket di salah satu Unit Minimarket di Surakarta sudah 2.5 tahun.


A:
Halo Bung Eko di Solo, terimakasih atas e-mail yang Bung kirimkan kepada ARN. Dengan senang hati kami berusaha memberikan jawaban yang dapat memuaskan Bung.

  1. Bagaimana konsep minimarket yang nyaman, unik, dan bisa menjadi sahabat belanja bagi konsumen-konsumennya? Konsep paling utama minimarket yang baik adalah memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Ini kata kunci yang tidak bisa ditawar-tawar. Apa saja yang disebut dengan pelayanan? Pelayanan bisa dijabarkan misalnya mulai dari ketersediaan fasilitas parkir yang memadai bagi pelanggan, pintu masuk ke minimarket, ruang yang lapang dan sejuk (ber-AC), keanekaragaman jenis barang, penataan/display barang, pelayanan pembayaran, pembungkusan, dan lain sebagainya. Soal keunikan, Bung bisa memberikan sentuhan desain interior dan eksterior, dan juga memberikan sejumlah bentuk promosi spesial untuk mempertegas eksistensi/keberadaan minimarket yang Bung punyai. Intinya kesemuanya itu harus Bung upayakan agar menjadi pengalaman berbelanja yang mengesankan bagi pelanggan.
  2. Ide/Program promosi spesial (unik) untuk usaha minimarket yang ekonomis namun bisa menjadi investasi yang berbobot dan berkelanjutan? Ada banyak cara. Salah satunya dengan mengeluarkan kartu belanja berlangganan bagi pelanggan. Kartu tersebut memberikan beragam benefit misalnya memberikan bonus dalam bentuk barang tertentu/potongan harga manakala pelanggan mencapai akumulasi nilai belanja tertentu. Tujuan program ini jelas, yakni untuk mengikat pelanggan menjadi pembeli loyalis minimarket Bung.
  3. Distributor/pemasok barang-barang untuk usaha minimarket dengan harga cukup kompetitif? Ada banyak alamat distributor. Tapi mohon maaf data-data ini tidak dapat kami sharring-kan. Kami sarankan apabila Bung ingin mendapat harga yang kompetitif, maka Bung jangan segan-segan/berani melakukan negoisasi harga beli berikut sistem pembayaran dengan distributor.
  4. Program IT (Stock, Kasir, Financial, Marketing/Promosi) ? Kami memiliki tim IT yang dapat mengerjakan sistem yang Bung inginkan. Soal bagaimana content-nya, fungsi-nya serta biaya-nya sangat tergantung dari output yang Bung inginkan.
  5. SDM/tenaga operasional yang qualified/good performance? Ada sejumlah cara untuk mendapatkan SDM yang berkualitas. Pertama Bung membuka lamaran dengan kriteria pelamar yang rigid sesuai yang Bung butuhkan. Kedua Bung menyeleksi pelamar dengan ketat. Ketiga Bung "membajak" SDM kompetitor. Cara terakhir tentunya memerlukan teknik tersediri. Selain itu mestinya sallary-nya juga lebih besar ketimbang SDM baru. Namun Bung akan mendapat SDM dengan kualitas yang mestinya lebih bagus dan berpengalaman. Selain tiga cara diatas, Bung perlu membuat pelatihan secara berkala (capacity building) kepada karyawan-karyawan Bung, supaya motivasi kerja tetap terjaga dan kemampuannya semakin terasah.
Demikian Bung Eko jawaban kami, mudah-mudahan semakin memberikan gambaan yang jelas mengenai pengelolaan minimarket yang bagus. Jika Bung Eko menghendaki, tim ARN siap membantu. (HAS)

Aktifitas Saat Ini