Pertanyaan ini sering kami temukan ketika ada klien yang berkonsultasi kepada kami, maupun pertanyaan yang sering kami temukan ketika melakukan aktifitas blogging.
Beberapa kalimat yang selalu menjadi pertanyaan adalah : Bagaimana pemasarannya ? Bagaimana saya bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi ? Bagaimana agar usaha/bisnis saya yang baru berjalan bisa dikenal dengan cepat ? Sementara biaya promosi saya terbatas. Apa yang saya harus lakukan ?
PROMOSI ADALAH INVESTASI DAN PEMASARAN ADALAH PROSES
Dalam salah satu artikel dalam katagori KUMPULAN TIPS USAHA pada blog ini judul PROMOSI = COST ATAU PROMOSI = INVESTASI, akan kami lanjutkan keterangan yang anda perlukan sebagai referensi mengenai PROMOSI = INVESTASI.
Hal pertama yang perlu kita tanamkan dalam pola berpikir adalah Promosi yang kita lakukan merupakan sebuah investasi dari apa yang akan anda dapatkan. Dan setiap investasi memiliki resiko yang akan selalu menyertai anda, sehingga MANAJEMEN RESIKO menjadi satu hal mutlak yang anda harus lakukan dalam merencanakan strategi promosi. Berbagai panduan langkah perencanaan strategi pemasaran dan promosi bisa anda dapatkan dalam blog ini, bahkan bila anda masih ingin mendapatkan informasi lebih anda dapat berkonsultasi secara online maupun melalui email kepada para konsultan kami. Promosi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari pemasaran.
Hal Kedua yang juga perlu anda tanamkan adalah : Pemasaran merupakan sebuah proses. Proses apa ? Tujuan utama dari pemasaran dilakukan dalam suatu usaha adalah agar bisa mendapat keuntungan, dimana omset penjualan anda baik sehingga nilai Laba bersih yang anda terimapun positif. Jadi proses pemasaran yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang maksimal juga. Apa saja keuntungan yang anda peroleh, antara lain : Image usaha anda meningkat, kesadaran publik untuk menggunakan produk usaha anda, kesetiaan pelanggan terhadap produk/usaha anda, networking dan mitra-mitra usaha, dan lain-lain tapi yang tak kalah penting adalah profit usaha anda berupa pendapatan yang meningkat.
Proses bisa menjadi lambat maupun cepat semua tergantung dari metode pemasaran dan langkah promosi yang anda lakukan. Semakin fokus anda membidik target calon pelanggan anda dan semakin luas wilayah pemasaran anda, serta semakin tingi intensitas pemasaran dilakukan maka semakin besar pula "impact" yang akan anda dapatkan.
MERCHANT PARTNER SEBUAH LANGKAH PEMASARAN UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK USAHA ANDA
Pengertian mudah untuk dipahami, merchant partner adalah mitra usaha anda.
Apa manfaat dan keuntungan yang anda bisa dapatkan dari kerjasama ini ? Yang jelas bukan hanya anda namun mitra anda juga akan mendapatkan keuntungan yang sama. Seperti apa manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain :
1. Peluang untuk melakukan promosi di tempat yang berbeda.
Anda maupun mitra merchant anda bisa saling bertukar penempatan (display) media promosi di masing-masing tempat usaha. Langkah yang bisa dilakukan antara lain : bertukar standing banner, bertukar mini banner, mini sign board, dll.
2. Peluang untuk mendapatkan ruang promosi usaha yang lebih jauh lagi
Apabila anda atau mitra merchant anda memiliki media promosi seperti katalog, website, blog, flier, poster, dll. Maka anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa berpromosi melalui sarana media promosi mitra merchant anda.
3. Peluang untuk menjaring pelanggan baru.
Ya, dari sekian nilai manfaat dan keuntungan di atas tersebut, pastinya peluang untuk
mendapatkan pelangan menjadi sebuah tujuan utama. Karena pelanggan = pemasukan pendapatan usaha.
4. Peluang untuk menanamkan brand image, brand awareness, brand positioning dan brand loyality yang lebih kuat lagi.
Nilai manfaat yang bisa anda maupun mitra merchant anda dapatkan lebih terfokus karena anda tidak menggarap pemasaran di wilayah yang luas, namun membidik pasar langsung di tempatnya.
*) Bersambung pada postingan yang akan datang : TIPS USAHA (PEMASARAN) STRATEGI PELAKSANAAN MERCHANT PARTNER USAHA
*) written by Adi Waluyo (Konsultan Pengembangan Usaha PT ARN Yogya)
Beberapa kalimat yang selalu menjadi pertanyaan adalah : Bagaimana pemasarannya ? Bagaimana saya bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi ? Bagaimana agar usaha/bisnis saya yang baru berjalan bisa dikenal dengan cepat ? Sementara biaya promosi saya terbatas. Apa yang saya harus lakukan ?
PROMOSI ADALAH INVESTASI DAN PEMASARAN ADALAH PROSES
Dalam salah satu artikel dalam katagori KUMPULAN TIPS USAHA pada blog ini judul PROMOSI = COST ATAU PROMOSI = INVESTASI, akan kami lanjutkan keterangan yang anda perlukan sebagai referensi mengenai PROMOSI = INVESTASI.
Hal pertama yang perlu kita tanamkan dalam pola berpikir adalah Promosi yang kita lakukan merupakan sebuah investasi dari apa yang akan anda dapatkan. Dan setiap investasi memiliki resiko yang akan selalu menyertai anda, sehingga MANAJEMEN RESIKO menjadi satu hal mutlak yang anda harus lakukan dalam merencanakan strategi promosi. Berbagai panduan langkah perencanaan strategi pemasaran dan promosi bisa anda dapatkan dalam blog ini, bahkan bila anda masih ingin mendapatkan informasi lebih anda dapat berkonsultasi secara online maupun melalui email kepada para konsultan kami. Promosi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari pemasaran.
Hal Kedua yang juga perlu anda tanamkan adalah : Pemasaran merupakan sebuah proses. Proses apa ? Tujuan utama dari pemasaran dilakukan dalam suatu usaha adalah agar bisa mendapat keuntungan, dimana omset penjualan anda baik sehingga nilai Laba bersih yang anda terimapun positif. Jadi proses pemasaran yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang maksimal juga. Apa saja keuntungan yang anda peroleh, antara lain : Image usaha anda meningkat, kesadaran publik untuk menggunakan produk usaha anda, kesetiaan pelanggan terhadap produk/usaha anda, networking dan mitra-mitra usaha, dan lain-lain tapi yang tak kalah penting adalah profit usaha anda berupa pendapatan yang meningkat.
Proses bisa menjadi lambat maupun cepat semua tergantung dari metode pemasaran dan langkah promosi yang anda lakukan. Semakin fokus anda membidik target calon pelanggan anda dan semakin luas wilayah pemasaran anda, serta semakin tingi intensitas pemasaran dilakukan maka semakin besar pula "impact" yang akan anda dapatkan.
MERCHANT PARTNER SEBUAH LANGKAH PEMASARAN UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK USAHA ANDA
Pengertian mudah untuk dipahami, merchant partner adalah mitra usaha anda.
Apa manfaat dan keuntungan yang anda bisa dapatkan dari kerjasama ini ? Yang jelas bukan hanya anda namun mitra anda juga akan mendapatkan keuntungan yang sama. Seperti apa manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain :
1. Peluang untuk melakukan promosi di tempat yang berbeda.
Anda maupun mitra merchant anda bisa saling bertukar penempatan (display) media promosi di masing-masing tempat usaha. Langkah yang bisa dilakukan antara lain : bertukar standing banner, bertukar mini banner, mini sign board, dll.
2. Peluang untuk mendapatkan ruang promosi usaha yang lebih jauh lagi
Apabila anda atau mitra merchant anda memiliki media promosi seperti katalog, website, blog, flier, poster, dll. Maka anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa berpromosi melalui sarana media promosi mitra merchant anda.
3. Peluang untuk menjaring pelanggan baru.
Ya, dari sekian nilai manfaat dan keuntungan di atas tersebut, pastinya peluang untuk
mendapatkan pelangan menjadi sebuah tujuan utama. Karena pelanggan = pemasukan pendapatan usaha.
4. Peluang untuk menanamkan brand image, brand awareness, brand positioning dan brand loyality yang lebih kuat lagi.
Nilai manfaat yang bisa anda maupun mitra merchant anda dapatkan lebih terfokus karena anda tidak menggarap pemasaran di wilayah yang luas, namun membidik pasar langsung di tempatnya.
*) Bersambung pada postingan yang akan datang : TIPS USAHA (PEMASARAN) STRATEGI PELAKSANAAN MERCHANT PARTNER USAHA
*) written by Adi Waluyo (Konsultan Pengembangan Usaha PT ARN Yogya)