Konsultasi Bisnis/Usaha Gratis Dengan Para Konsultan


Selamat Datang di Webblog Konsultan Ide & Pengembangan Usaha. Melalui webblog ini anda:

- dapat melakukan KONSULTASI BISNIS GRATIS secara online dengan para konsultan kami
- mendapatkan referensi/tips/trik wirausaha
- menghubungi kami untuk bekerjasama dengan anda
- serta anda dapat melakukan promosi usaha anda sebagai bentuk peluang usaha


Dibidang usaha/bisnis, system secara singkat dapat digambarkan sebagai bagian-bagian yang memiliki fungsi sendiri-sendiri tetapi merupakan rangkaian satu sama lain yang saling bekerjasama membentuk satu kesatuan.

Secara garis besar, sistem usaha meliputi :

1. Sistem Produksi & Distribusi
2. Sistem Administrasi Keuangan
3. Sistem SDM
4. Sistem Promosi & Pemasaran


  1. Sistem Produksi ; Sistem produksi menjelaskan mengenai alur produksi yang dilakukan oleh beberapa bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda, misalnya bagian pengadaan bahan baku, bagian assembling, bagian finishing, bagian quality control, bagian packing, bagian distribusi, dsb.
  2. Sistem Administrasi & Keuangan ; Sistem Administrasi & Keuangan menjelaskan mengenai alur keuangan perusahaan, mulai dari penerimaan kas sampai dengan system pembagian kas untuk kepentingan produksi, pemasaran, pengembangan SDM, dsb, sampai dengan detail dokumentasi per transaksi.
  3. Sistem SDM & Pengembangannya ; Sistem SDM & pengembangannya menjelaskan mengenai alur pengelolaan SDM yang dilakukan oleh bagian recruiting, bagian payroll, bagian pengembangan, dsb.
  4. Sistem Promosi & Pemasaran ; Sistem promosi dan pemasaran menjelaskan mengenai alur kegiatan pemasaran yang dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pengerjaan produk, meliputi promosi dan pemasaran pra launching, promosi & pemasaran pada saat launching dan promosi & pemasaran pasca launching.

Sistem tersebut diatas membentuk satu kesatuan dengan tujuan utama adalah mewujudkan pengelolaan perusahaan yang sehat dan menghasilkan keuntungan. Bagian produksi, bagian administrasi & keuangan, bagian SDM dan pengembangan, serta bagian promosi dan pemasaran masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri namun satu sama lain saling memiliki keterkaitan untuk mewujudkan suatu usaha yang sehat dan menghasilkan keuntungan.

Sistem Usaha yang dianut oleh para pelaku bisnis tidak ada yang sama, karena menyesuaikan dengan karakteristik usaha masing-masing. Format penyusunan system usaha diatas adalah format minimal yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu usaha dengan baik.

Bagi anda membutuhkan pembenahan maupun pengembangan usaha, dapat menghubungi kami melalui form yang tersedia di weblog ini, maupun melalui email di arn_yogya@yahoo.com, maupun melalui konsultasi secara online dengan para konsultan kami.

*) posted by Adi Waluyo

Aktifitas Saat Ini