"8 T" Prinsip yang perlu anda tanamkan sebelum membuka usaha :
1. Tempatkan diri anda sebagai konsumen. Sebagai konsumen maka anda akan berpikir produk, harga, dll yang anda inginkan untuk menjawab kebutuhan anda.
2. Tentukan apakah produk usaha anda benar-benar menjawab kebutuhan pasar. Tidak hanya menjawab keinginan hati semata.
3. Tentukan segmentasi pasar yang akan memanfaatkan produk usaha anda. Jangan berharap semua segmen pasar akan dipenuhi, bermain dalam pasar yang terbatas namun hanya anda seorang yang memainkan akan menempatkan anda sebagai pilihan utama terhadap pasar tersebut.
4. Tentukan harga yang sesuai dengan segmentasi pasar dari jenis produk usaha anda yang akan bidik.
5. Tentukan langkah yang tepat dalam menjangkau segmentasi pasar yang anda bidik (langsung kepada pasar yang dituju akan lebih baik mempercepat segmentasi pasar anda mengenal produk usaha yang anda miliki).
6. Tetapkan standard produksi dan pelayanan (berikan kualitas hasil yang maksimal "zero deffact" sesuai keinginan pasar, dan maksimalkan pada nilai manfaat yang akan diterima pelanggan dengan berlandaskan kepuasan pelanggan yang terpenuhi).
7. Tetapkan sistem proses pelayanan yang efisien, efektif, dan berkesan positif kepada pelanggan.
8. Tanamkan 3 S pada karyawan anda, yaitu : "sense of belonging", "sense to help", dan "sense to serve" bukan hanya "sense of sales". (AW)
@ copyright ARN 2008
Kesulitan untuk mengaplikasikannya, hubungi : 0274 555 280 email : arn_yogya@yahoo.com
1. Tempatkan diri anda sebagai konsumen. Sebagai konsumen maka anda akan berpikir produk, harga, dll yang anda inginkan untuk menjawab kebutuhan anda.
2. Tentukan apakah produk usaha anda benar-benar menjawab kebutuhan pasar. Tidak hanya menjawab keinginan hati semata.
3. Tentukan segmentasi pasar yang akan memanfaatkan produk usaha anda. Jangan berharap semua segmen pasar akan dipenuhi, bermain dalam pasar yang terbatas namun hanya anda seorang yang memainkan akan menempatkan anda sebagai pilihan utama terhadap pasar tersebut.
4. Tentukan harga yang sesuai dengan segmentasi pasar dari jenis produk usaha anda yang akan bidik.
5. Tentukan langkah yang tepat dalam menjangkau segmentasi pasar yang anda bidik (langsung kepada pasar yang dituju akan lebih baik mempercepat segmentasi pasar anda mengenal produk usaha yang anda miliki).
6. Tetapkan standard produksi dan pelayanan (berikan kualitas hasil yang maksimal "zero deffact" sesuai keinginan pasar, dan maksimalkan pada nilai manfaat yang akan diterima pelanggan dengan berlandaskan kepuasan pelanggan yang terpenuhi).
7. Tetapkan sistem proses pelayanan yang efisien, efektif, dan berkesan positif kepada pelanggan.
8. Tanamkan 3 S pada karyawan anda, yaitu : "sense of belonging", "sense to help", dan "sense to serve" bukan hanya "sense of sales". (AW)
@ copyright ARN 2008
Kesulitan untuk mengaplikasikannya, hubungi : 0274 555 280 email : arn_yogya@yahoo.com