Konsultasi Bisnis/Usaha Gratis Dengan Para Konsultan


Selamat Datang di Webblog Konsultan Ide & Pengembangan Usaha. Melalui webblog ini anda:

- dapat melakukan KONSULTASI BISNIS GRATIS secara online dengan para konsultan kami
- mendapatkan referensi/tips/trik wirausaha
- menghubungi kami untuk bekerjasama dengan anda
- serta anda dapat melakukan promosi usaha anda sebagai bentuk peluang usaha


Setiap jenis usaha baik skala kecil, menengah hingga industri pasti melakukan pemasaran. Kebutuhan melakukan pemasaran ini dapat ditujukan dalam berbagai macam hal tapi pada inti harapannya adalah agar OMSET PENJUALAN LEBIH MENINGKAT DAN KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH SEMAKIN BESAR SEHINGGA USAHA YANG DIDIRIKA DAN DIJALANKAN DAPAT LEBIH BERKEMBANG.

Pada edisi posting kali ini kami akan membantu anda dalam menyusun sebuah Rencana Pemasaran usaha untuk dapat anda lakukan.

APA MAKSUD DARI RENCANA PEMASARAN YANG ANDA BUAT ??

Berbagai program dan kegiatan yang anda susun dalam sebuah rencana pemasaran apabila dilakukan secara komprehensif maka dapat ber"impact" terhadap beberapa hal, antara lain :

I. Pengenalan Brand, yaitu :
  1. Mengenalkan nama merk usaha kepada pasar
  2. Mengenalkan produk usaha (barang/jasa) kepada pasar
  3. Membangun image usaha kepada pasar
Maksud utamanya adalah agar segmentasi pasar yang dibidik menjadi :
  1. mengetahui nama merk, jenis usaha dan produk anda
  2. sadar bahwa produk usaha anda dapat menjawab kebutuhan segmen pasar yang dituju

II. Bersaing dengan para kompetitor sejenis, yaitu :
  1. Memposisikan usaha anda lebih unggul dibandingkan pesaing yang ada
  2. Membuka peluang terhadap segmen pasar yang lebih luas atau lebih sempit
Maksud utamanya adalah agar segmentasi pasar yang dibidik lebih memilih produk usaha anda dibandingkan yang ditawarkan pesaing usaha anda.

III. Menawarkan dan menjaring pelanggan dalam pasar yang sama dan dalam pasar yang baru/berbeda

Maksud utamanya adalah agar produk usaha anda bisa mendapatkan pelanggan sesuai dengan segmentasi pasar yang dibidik sebanyak-banyaknya

IV. Memelihara pelanggan lama dan menjaring pelanggan baru, yaitu :
  1. agar pelanggan yang telah membeli produk usaha anda dapat kembali membeli produk-produk usaha anda
  2. agar pelanggan yang telah kembali membeli menjadi rutin membeli produk-produk usaha anda
  3. agar pelanggan yang telah rutin membeli produk usaha anda menjadi lebih loyal dan setia kepada merk usaha anda
  4. agar pelanggan baru dapat memanfaatkan nilai lebih dengan membeli produk usaha anda.
Maksud utamanya adalah agar produk usaha anda selalu tertanam dalam benak dan hati para pelanggan anda sehingga menjadikan produk yang utama dari pilihan produk usaha lain yang sejenis.

V. PENINGKATAN OMSET DAN KEUNTUNGAN USAHA


Merupakan "out come" yang akan dicapai dari sebuah rencana usaha. Memang out come dari sebuah rencana usaha yang telah disusun dan dijalankan sedemikian rupa terkadang masih memiliki kendala dan hambatan dalam realita hasil yang diperoleh. Namun melakukan perencanaan dengan matang sebelum melangkah akan menempatkan anda fokus pada tujuan akhir yang akan dicapai dibandingkan tidak melakukan perencanaan. Karena tanpa perencanaan langkah yang anda jalankan akan lebih "sporadis" dan berakibat pada ketidak efisiensian dan efektifitasan energi, waktu, pikiran dan biaya.


(bersambung : LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PEMASARAN - 2)

Aktifitas Saat Ini