5. SURVEY PASAR
Penelitian pasar biasanya dipakai untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan, pesaing, dan produk atau jasa yang ditawarkan.
Jenis-jenis penelitian pasar :
Penelitian pasar biasanya dipakai untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan, pesaing, dan produk atau jasa yang ditawarkan.
Jenis-jenis penelitian pasar :
- Wawancara pribadi, biasanya efektif dan tepat, tetapi memakan banyak waktu dan sangat mahal biayanya.
- Pertanyaan melalui surat dapat dikirimkan ke segala tempat dengan biaya yang layak, jumlah yang kembali biasanya sedikit, sehingga jarang dilakukan karena informasi yang diterima tidak memadai.
- Wawancara melalui telepon, biasanya dianggap agak tepat dan balasan yang baik dapat diperoleh, namun produk tidak dapat disertakan dan orang yang ditelepon biasanya sungkan untuk bicara lebih dari beberapa menit.
- Grup fokus, adalah wawancara dalam sebuah format diskusi sampai dengan sebanyak dua belas orang tertentu. Yang dipilih dari konsumen pemakai. Hasilnya dapat diperoleh informasi yang lebih jelas.
- Uji coba pemasaran, seperti memberikan contoh produk kepada para pelanggan dan meminta mereka untuk mencobanya tanpa biaya atau kewajiban apapun. Hasil uji coba kemudian dikumpulkan dan produk tersebut dimodifikasi sesuai dengan pendapat yang masuk sebelum diterjungkan ke tempat penjualan.
6. PENENTUAN TARGET ATAU CITA-CITA
Cita-cita merupakan tolak ukur terhadap kemajuan yang telah diraih. Rencana haruslah terinci dan berhubungan dengan sesuatu yang dapat diukur seperti penjualan atau jumlah klien.
Contoh cita-cita jangka pendek adalah :
- Meningkatkan penjualan sebanyak 14 %
- Menyusun sebuah daftar klien dari 100 pelanggan yang membeli paling sedikit satu kali tiap bulannya
- mencapai keuntungan tertentu pada akhir tahun kedua.
Contoh cita-cita jangka panjang :
- Membuat lokasi usaha kedua
- Membuat produk jenis lain
*Tulisan di sadur dari berbagai sumber dan telah di editing kembali dengan melakukan penambahan dan pengurangan tanpa mengurangi makna yang terkandung (AW)